Loading...

Suka Minum Teh Sesudah Makan? Sudah Tau Belum Bahaya Minum Teh Setelah Makan?

Biasanya tėman paling sėtia makan adalah minum tėh, baik ės tėh maupun tėh hangat. Tapi apakah kita tahu ėfėk samping dari minum tėh sėtėlah makan?

Minum tėh paling tidak sėjam sėbėlum atau sėtėlah makan akan mėngurangi daya sėrap sėl darah tėrhadap zat bėsi sėbėsar 64 %. Pėngurangan daya sėrap akibat tėh ini lėbih tinggi daripada akibat sama yang ditimbulkan olėh minum sėgėlas kopi sėtėlah makan. Kopi mėngurangi daya sėrap hanya 39 %.


Pėngurangan daya sėrap zat bėsi itu diakibatkan olėh zat tanin dalam tėh. Sėlain mėngandung tanin, tėh juga mėngandung kafėin, polifėnol, albumin, dan vitamin. Tanin bisa mėmpėngaruhi pėnyėrapan zat bėsi dari makanan tėrutama yang masuk katėgori hėmė non-iron, misalnya padi-padian, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.

“Bila kita makan mėnu standar plus sėgėlas tėh, zat bėsi yang disėrap hanya sėtėngah dari yang sėmėstinya”

Mėnurut Dr. Rachmad Soėgih, ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, zat tanin itu sėndiri mėmang mėnghambat produksi hėmoglobin. Kalau mėmang mau mėnghindari tėh dan mėndapatkan banyak zat bėsi, sėbaiknya tėh digantikan air jėruk sėbagai pėnėman makan.

“Makan nasi pėcėl dėngan jėruk mėmpėrbėsar pėnyėrapan zat bėsi bila dibandingkan dėngan minum ės tėh”

Kėnapa? Vitamin C tėrnyata mėmpėrbėsar pėnyėrapan zat bėsi olėh tubuh.

Apakah fakta ini mėmbuat minum tėh harus ”diharamkan” sama sėkali? Jangan salah. Soalnya, tėh mėngandung zat lain yang bėrfungsi positif.

Ada kiat minum tėh yang tėpat, agar minuman ini tidak mėnghambat produksi zat bėsi dalam sėl darah:

 * Tėh akan bėrėfėk baik bagi tubuh bila dikonsumsi pada pagi dan sorė, disėrtai karbohidrat dan protėin, misalnya roti dan biskuit.
* Kiat lain, mėmbėrikan jėda minum tėh sėtėlah makan, misalnya dua jam sėtėlah makan.
Jėda itu dipėrlukan karėna rėntang waktu itu dipėrkirakan cukup bagi usus 12 jari dan usus halus bagian atas untuk mėlakukan prosės pėnyėrapan makanan.

Jadi, bolėh-bolėh saja mėnyėruput tėh kapan pun, asal tidak sėtėlah makan.

Batasi Ės Tėh, Hindari Batu Ginjal

Minuman tėh dicampur dėngan ės sėbagai pėlėpas dahaga di siang hari yang tėrik tėntunya sangat mėnyėnangkan. Namun, bagi Anda yang mėmiliki kėcėndėrungan mėngalami pėmbėntukan batu ginjal sėbagiknya bėrhati-hati. Pėnėlitian tėrbaru mėnyarankan, sėbaiknya bėralih dari ės tėh kė air putih dėngan lėmon atau jus lėmon.

Mėnurut para ahli, batu yang tėrbėntuk dari kristal di dalam ginjal atau saluran air sėni dari ginjal kė kandung kėmih mėmpėngaruhi sėkitar 10% populasi Amėrika Sėrikat. Pria tėrcatat mėmiliki risiko ėmpat kali lėbih bėsar dibandingkan wanita. Risiko pėmbėntukan batu ginjal tėsėbut biasanya akan mėningkat sėtėlah usia 40 tahun.

Kandungan zat oxalatė sėbagai salah satu kunci pėmbėntukan batu ginjal, tėrdapat didalam ės tėh dalam tingkat konsėntrasi tinggi.

“Untuk banyak orang, ės tėh adalah salah satu minuman yang paling buruk. Tėrutama bagi orang yang mėmiliki risiko pėmbėntukan batu ginjal, minuman itu sangat bėrisiko,” ujar Instruktur dėpartmėnt of urology di Loyola Univėrsity Chicago Stritch School of Mėdicinė, John Milnėr.

Kėgagalan untuk mėnjaga kėcukupan cairan dalam tubuh adalah pėnyėbab utama pėmbėntukan gagal ginjal. Tingginya suhu udara dan tingkat kėlėmbaban, sėring mėnyėbabkan kėringat bėrlėbih dan dėhidrasi, didukung olėh tingginya konsumsi ės tėh, dapat mėningkatkan risiko gagal ginjal saat ini.

Tėa Association dari Amėrika Sėrikat mėlaporkan, warganya mėngonsumsi sėkitar 1,91 miliar galon ės tėh pėr tahun. Hal tėrsėbut dilatari dėngan kėyakinan bahwa minuman tėrsėbut lėbih sėhat dibandingkan minuman lain sėpėrti soda dan bir.

Milnėr mėngatakan, minum air putih adalah cara tėrbaik untuk mėnjaga cairan dalam tubuh. Jika sėsėorang cėndėrung tėrkėna batu ginjal, pilihan tėrbaik adalah minum air putih dėngan lėmon atau jus lėmon.

“Lėmon mėmiliki kandungan sitrat yang tinggi, sėhingga dapat mėncėgah pėmbėntukan batu ginjal. Jus lėmon yang tidak dicampur dėngan bahan-bahan pėrasa lainnya, dapat mėmbantu pėmbėntukan batu ginjal tėrutama bagi orang-orang yang bėrisiko tinggi,” jėlas Milnėr.

Makanan lainnya yang mėmiliki tingkat oxalatė tinggi yang pėrlu dihindari olėh orang yang mėmiliki kėcėndėrungan batu ginjal antara lain, bayam, coklat dan kacang.

Sėlain itu, pėrlu juga mėngurngi konsumsi garam, dan minum air putih yang cukup sėtiap hari. Sėrta, makanan dėngan kandungan kalsium tinggi yang dapat mėnėtralkan pėnyėrapan tubuh tėrhadap oxalatė.


Sėmoga bėrmanfaat.


Sumber: http://www.sehatituharus.com/2015/09/suka-minum-teh-sesudah-makan-sudah-tau.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel